Sabtu, 21 April 2012

Balita Berwajah Arab di Rumah Peduli TKI


Malang nian nasib anak-anak itu. Mereka, sembilan anak berwajah kearab-araban berusia dua bulan hingga 1,5 tahun, dirawat di sebuah rumah yang beralamat di Jalan Jurumudi, Perumahan Alam Raya, Blok A-75, Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten.

Mereka anak-anak titipan para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negara-negara Timur Tengah. Anak-anak itu lahir dari TKI yang menjadi korban pemerkosaan para majikan di Arab Saudi.
Karena malu membawa darah daging hasil hubungan tidak dikehendaki, para TKI yang berasal dari daerah Jawa Barat, Jakarta, dan Sulawesi Tengah itu menitipkan bayi-bayi mereka ke rumah tersebut, Rumah Peduli Anak Tenaga Kerja Indonesia (RPA TKI).

"Bayi-bayi itu dititipkan kepada kami selama enam bulan. Setelah itu, biasanya diambil kembali oleh orang tuanya untuk dibawa pulang," kata Ketua RPA TKI, Yudi Ramdhani, 30, kepada Media Indonesia, awal pekan ini.

Sehari-hari mereka dirawat oleh empat pengasuh yang memiliki tugas masing-masing. Ada yang memandikan dan ada pula yang menjaga balita itu bermain perosotan, bola, dan boneka. Setiap hari suasana rumah berlantai dua itu tak pernah sepi dari tangis dan celoteh balita yang lahir tidak dikehendaki tersebut.
Entah bagaimana nasib mereka kelak. Yudi menuturkan, adopsi memang menjadi sebuah pilihan yang dapat ikut menentukan masa depan anak-anak itu. Namun, RPA TKI lebih mengutamakan bayi-bayi itu kembali kepada orang tua mereka.

"Kalau selama enam bulan tidak diambil, kami beri kesempatan enam bulan lagi. Pokoknya, kami tetap berusaha semaksimal mungkin agar bayi itu kembali kepada orang tua mereka. Sebisa mungkin tidak diadopsi orang lain," tutur Yudi.
Tragedi Ruyati, TKI asal Bekasi yang dipancung di Arab Saudi pekan lalu, menjadi bukti betapa getirnya kehidupan buruh migran. Ada lebih banyak lagi nasib pahit TKI yang tak terungkap. Salah satu jejaknya mereka tinggalkan di RPA TKI. (SM/X-9) TKP
Comments

10 komentar:

  1. berita sejenis : http://www.bnp2tki.go.id/berita-mainmenu-231/3958-dpr-dorong-pemerintah-perhatikan-nasib-anak-tki.html

    BalasHapus
  2. http://penghubung.banten.go.id/view_news.php?id=3255

    BalasHapus
  3. bagai mana ya cara adofsi anakny dan saratny apa aja

    BalasHapus
  4. kalau boleh saya mu minta alamatnya dan no telponnya

    BalasHapus
  5. kalo ada anak cewek yang baru lahir atau umur 1- 6 bulan saya mau mengadopsinya hubungi saya irine 081226199909

    BalasHapus
  6. Saya mau adopsi anak laki baru lahir..saya rawat sbg anak sendiri.hub saya di 08998080246

    BalasHapus
  7. Saya mau adopsi anak laki baru lahir..saya rawat sbg anak sendiri.hub saya di 08998080246

    BalasHapus
  8. Saya mau adopsi anak laki baru lahir..saya rawat sbg anak sendiri.hub saya di 08998080246

    BalasHapus
  9. Saya mau adopsi anak laki baru lahir..saya rawat sbg anak sendiri.hub saya di 08998080246

    BalasHapus
  10. Asalamualaikum.Ws.Wb.Sy Herdy seriuuusss ingin mengadopsi anak perempuan.Bisa hubungi Sy di 081906020111.Semoga Alloh menjodohkan Sy...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda....komentar dong.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terbaru

Daftar Blog Saya

Merdeka.com

Loading...